Publikasi Kegiatan

 

TAHUN 2018

PBULIKASI KEGIATAN

Filariasis dapat menimbulkan kecacatan yang bersifat permanen dan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Oleh sebab itu Indonesia telah bersepakat dengan Negara-negara anggota WHO dalam Kesepakatan Global (The Global Goal of Elimination of Lymphatic Filariasis as a Public Health problem by The Year 2020). Program eliminasi telah dilaksanakan di Indonesia mulai dari tahun 2002 melalui pengobatan massal dengan DEC dan Albendazol setahun sekali selama 5 tahun di lokasi yang endemis. Dari sejumlah 236 Kab/Kota yang merupakan daerah endemis Filariasis, sebanyak 150 Kab/Kota masih melaksanakan POPM, sementara 86 Kab/Kota lainnya telah selesai melaksanakan POPM selama lima tahun berturut-turut dan sedang dalam tahap evaluasi.
Kabupaten Merauke merupakan salah satu Kab/Kota yang ada dalam tahap evaluasi pasca POPM dalam rangka eliminasi filariasis. Tahapan evaluasi saat ini adalah tahapan terakhir untuk penentuan lulus evaluasi dan layak mendapatkan sertifikat Eliminasi Filariasis. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menilai tingkat penularan infeksi mikrofilaria di masyarakat setelah kegiatan TAS kedua dilaksanakan.
Survei ini berbasis sekolah, yang dilaksanakan 32 SD terpilih yang tersebar pada 16 wilayah kerja Puskesmas di Kabupaten Merauke dengan metode cluster sampling. Kegiatan yang dilakukan yaitu pengambilan spesimen darah dan pemeriksaan filaria dengan Alere FTS.
Waktu  pelaksanaan  survei  adalah  sepuluh  hari  kerja,  terhitung  mulai  tanggal 1 Oktober hingga 14 Oktober 2018
Hasil pemeriksaan yang diperoleh, dari sampel diperiksa terdapat jumlah sampel negatif sebesar 1679 sampel, dan sampel positif sebanyak 1 sampel (Jumlah sampel positif masih di bawah critical cut off= 18)
Sebagai rekomendasi dan tindak lanjut kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, terhadap temuan 1 hasil positif mikrofilaria, agar tetap dilakukan pengawasan kembali terhadap kelompok berisiko, selanjutnya kabupaten Merauke dapat dinyatakan “Lulus” dan berhak menerima Sertifikat Eliminasi setelah hasil kegiatan ini diverifikasi oleh Direktorat P2TVZ Kementerian Kesehatan RI.

fotoTas3

 

dESINFO2

Setelah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Filariasis dan Kecacingan rampung dilaksanakan, maka pada tanggal 14 s.d. 16 November 2018 BTKLPP Ambon menyelenggarakan pertemuan Desiminasi Informasi. Pertemuan dimakud dihadiri oleh 55 Peserta, masing-masing berasal dari Dinas kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku, Dinkes Provinsi Papua, Dinkes Provinsi Papua Barat, Dinkes Kota Ambon, Dinkes Kota Tual, Dinkes Kabupaten Maluku Tenggara, Dinkes Kabupaten Maluku Tengah, Dinas Kesehatan Kabupaten Seram Bagian Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten Buru Selatan, Dinas Dinkes Kabupaten Tambrauw, Dinkes Kabupaten Sorong Selatan, Dinkes Kabupaten Boven Digul, Dinkes Kabupaten Supiori, Dinkes Kabupaten Biak, Dinkes Kabupaten Jayapura, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas II Ambon, Direktorat P2TVZ Subdit Filariasis dan Kecacingan.
Pertemuan dibuka oleh kepala BTKLPP Ambon, Bpk. Martahan Sitorus, SKM., MPH., dalam sambutannya disampaikan tentang latar belakang pertemuan tersebut diselenggarakan yaitu untuk menyampaikan hasil kerja BTKLPP Ambon berkaitan dengan Filariasis dan Kecacingan yang telah dilaksanakan di beberapa Kabupaten / Kota di Tahun 2018.
Hasil pertemuan menyimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan oleh BTKLPP Ambon secara umum dapat berjalan dengan baik, meskipun masih dirasakan belum merata dari segi jumlah dan jangkauan kegiatan untuk seluruh Kabupaten/Kota di wilayah layanan BTKL PP Ambon. Harapan terdalam dari kegiatan ini adalah intensitas, sinergitas dan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota di wilayah layanan dapat berjalan lebih baik lagi.

dESINFO3

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: