MEDIA INFORMASI

Surveilans Epidemiologi adalah kegiatan analisis secara sistematis dan terus menerus terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan serta kondisi yang memperbesar risiko terjadinya peningkatan dan penularan penyakit serta masalah-masalah kesehatan tersebut agar dapat melakukan tindakan penanggulangan secara efektif dan efisien melalui proses pengumpulan data, pengolahan dan penyebaran informasi epidemiologi kepada penyelenggara program kesehatan. Pelaksanaan Surveilans Epidemiologi melibatkan unit-unit yang merupakan sumber data maupun pengguna data yang saling keterkaitan baik dari sector kesehatan maupun di luar kesehatan. Hubungan antara semua unsur akan berjalan baik bila terjalin dalam jejaring kerja dan kemitraan untuk mencapai tujuan bersama.
BTKLPPM Ambon sebagai UPT Ditjen PP-PL Depkes RI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di wilayah Propinsi Maluku, Papua dan Papua Barat menjalankan kegiatan kesetaraan dengan mitra kerja terkait antar Dinas Kesehatan Prop./Kab/Kota dan stakeholder terkait. Kegiatan yang dilakukan oleh BTKLPPM Ambon perlu disebarluaskan ke mitra kerja terkait melalui kegiatan desiminasi informasi. Desiminasi Informasi dilakukan dalam bentuk pertemuan atau dalam bentuk penerbitan buletin.
Penerbitan buletin sebagai pelaksanaan dari jejaring epidedemiologi yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dari surveilans Epidemiologi. Tahun 2007 telah dibuat bulletin BTKLPPM Ambon dengan nama “BEST” Buletin, Epidemiologi, Surveilans dan Teknologi yang merupakan media informasi kegiatan di BTKLPPM Ambon.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: