PELANTIKAN KEPALA BTKL PPM AMBON

Tanggal 02 Pebruari tahun 2010 merupakan langkah baru bagi BTKL PPM Ambon. Hari itu, bpk. Daniel Soepodo, ST.,M.Sc.PH. dilantik dan diambil sumpahnya untuk menjadi Kepala BTKL PPM Ambon yang baru.

Acara Pelantikan dilaksanakan di Gedung D Lantai 4 Ditjen PP&PL. Pelantikan Esalon III & IV ini merupakan rangkaian dari pelantikan Pejabat Struktural Eselon I, II di lingkungan Direktorat Jenderal PP & PL. Proses pelantikan dipimpin langsung oleh Dirjen PP & PL Depkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM & H.

Fenomena pergantian Jabatan Struktural pada sebuah instansi pada prinsipnya merupakan hal yang lazim terjadi. Proses pelantikan Esalon III dan IV ini bertujuan untuk mengisi kekosongan Pejabat Struktural Eselon III dan Eselon IV, yang pejabatnya telah memasuki usia pensiun atau mutasi, serta dipromosikan menjadi pejabat eselon III bagi pejabat eselon IV sekaligus ntuk menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik agar tetap berjalan sebagaimana mestinya.


Dalam pidato sambutannya, Dirjen PP dan PL menyampaikan bahwa pengembangan karier pegawai tidak dilakukan semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum. Dalam konteks ini, mutasi pejabat harus dimaknai sebagai suatu penugasan, dan secara lebih bijak merupakan suatu amanah. Setiap perpindahan tugas dan area kerja akan memperkaya pengalaman setiap pegawai dalam mengadaptasi lingkungan strategis yang berubah sedemikian cepat menyesuaikan perubahan zaman dan dapat menjadi potensi pengkayaan dan pembinaan karier.

Pembinaan karier harus selalu dilihat sebagai salah satu tujuan dari keseluruhan kebijakan pemantapan organisasi dalam rangka menciptakan pemerintahan yang baik melalui reformasi birokrasi. Pada skala kecil sekalipun, kontribusi terhadap kemajuan organisasi Kementerian Kesehatan sangat dibutuhkan, Peran Direktorat Jenderal PP & PL sangat strategis, yaitu melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi Kementerian Kesehatan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian, ketatalaksanaan, perlengkapan, keuangan, dokumentasi, hukum dan perundang-undangan, data dan informasi serta hubungan antar lembaga dan masyarakat.

Acara pelantikan terhadap 99 Pejabat struktural Eselon III dan Eselon IV dengan perincian : 38 orang (38,38%) berasal dari Pusat Ditjen PP & PL, 58 orang (58,59 %) dari UPT Ditjen PP & PL serta 3 orang (3,03%) berasal dari luar Ditjen PP & PL.

Diakhir sambutannya, Dirjen PP dan PL berpesan kepada pejabat yang dilantik untuk mampu menjaga dan dapat membedakan antara tugas-tugas yang menjadi konsumsi publik dengan tugas-tugas yang perlu dirahasiakan, karena apabila kita tidak bisa membedakan tugas-tugas secara cermat, maka kredibilitas Kementerian Kesehatan akan tercoreng oleh oknum-oknum tertentu untuk kepentingan sepihak. Disamping itu juga, dalam memanfaatkan anggaran, agar pengelolaannya harus ekstra hati-hati, dan dikelola sesuai dengan pendekatan kinerja masing-masing sesuai peraturan perundang-undangan, serta jangan sampai terjadi pembiasan penggunaan anggaran yang mengakibatkan in-efisiensi.

Data dan sejarah mencatat, sejak terbentuk hingga saat ini, BTKL PPM Ambon pernah dipimpin oleh beberapa Pejabat, antara lain :

1. dr. J.D. Lawalatta, M.Kes. ( 2001 – 2004 )

2. Johny Sumbung, S.K.M.,M.Kes. ( 2004 – 2006 )

3. Drs.Nanang Besmanto, M.Kes. ( 2006 – 2008 )

4. Ali Muhtar, S.Si.,M.M. ( 2008 – 2010 )

Kebanggaan tersendiri buat BTKL PPM Ambon, yaitu salah satu Staf SE & ADKL ( Tabita Mintu, S.K.M.,M.Kes. ) dipromosikan ke BTKL PPM Kelas I Makassar untuk menjadi Kepala Seksi PTL ( Pengembangan Teknologi Laboratorium ).

Perjuangan untuk masa depan BTKL masih panjang dan membutuhkan semangat dan dan kerja keras dari semua elemen yang ada. Mengutip pernyataan salah satu tokoh bangsa “ Jangan tanyakan apa yang akan negara berikan kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang akan/telah kau berikan buat negaramu “, mari, satukan tekad, bulatkan semangat kita raih masa depan BTKL yang lebih baik.NS.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: